Senin, Maret 19, 2012

Menginstal SDK Android Secara Offline


Catatan: Langkah 1 dan 2 dapat anda dilewati bila sudah menginstall Eclipse atau Netbeans. Nama file dapat Berubah sesuai dengan versi masing-masing. Saya mencantumkan nama file  untuk memudahkan anda yang menjalankan instalasi dari CD/flash disk.

Langkah Instalasi SDK Android Offline :
  1. Instal Java SDK, Nama file akan seperti  "jdk-6u21-windows-i586.exe". Nama 6u21 dapat berbeda  sesuai dengan versi JDK.
  2. Instal Eclipse, Nama filenya "eclipse-java-helios-SR1-win32.zip". Untuk yang ini tidak perlu diinstall, anda cukup mengekstrak ke direktori yang diinginkan. Jalankan untuk memastikan Eclipse sudah bekerja.
  3. Install SDK Android, Nama filenya "installer_r09-windows.exe".
  4. Ditahap ini kita harus menginstall Android platform via SDK Manager melalui internet. Hal ini dikarenakan pesatnya perkembangan Android, tetapi akan menjadi sulit jika koneksi internet anda terbatas. Kalau anda memiliki koneksi internet cepat dan unlimited, akan lebih babaik menginstall Android platform tersebut melalui internet dan loncat ke langkah 10.
  5. Langkah selanjutnya membuka struktur Repo Android dengan Mozila Firefox (kalau menggunakan Chrome tidak akan terlihat struktur XML-nya). Cari dengan ctrl-f kata "<sdk:platform>". Kita disediakan beberapa versi platform karena Android yang beredar terdiri dari berbagai versi, antara versi baru dengan yang lama tidak  kompatibel). Lihat isi tag "<sdk:url>". Misalnya yang anda miliki versi 2.2 untuk windows, maka anda ambil isi <sdk:url>android-2.2_r02-windows.zip</sdk:url> kemudian anda tambahkan setelah "http://dl-ssl.google.com/android/repository/" Sehingga URL-nya menjadi : http://dl-ssl.google.com/android/repository/android-2.2_r02-windows.zip (Download file tersebut). Langkah 5 dan 6 dapat anda ulangi untuk versi platform yang lain.
  6. Dari hasil Download langkah 5 tadi, kemudian anda Ekstrak file tersebut ke direktori C:\Program Files\Android\android-sdk-windows\platforms (Ditempat anda menginstal SDK Android di langkah 3) sehingga file tersebut menempati direktori C:\Program Files\Android\android-sdk-windows\platforms\android-2.2_r02-windows. Nama direktori "android-2.2_r02-windows" tersebut dapat anda rubah dengan nama yang lain.
  7. Tahap ini anda membutuhkan direktori "platform-tools".
  8. Copy direktori "platform-tools"  ke C:\Program Files\Android\android-sdk-windows\  sehingga menjadi C:\Program Files\Android\android-sdk-windows\platform-tools.
  9. Jalankan ulang SDK-Manager (Start –> All Program –> Android SDK TOols –> SDK Manager). Platform 2.2 harusnya sudah otomatis muncul.
  10. Menyiapkan Android Virtual Device (AVD).  Pada panel kiri SDK manager, terdapat pilihan “Virtual Device”. Klik, kemudia lihat dibagian kanan terdapat tombol "New".   Klik "new", maka akan keluar dialog.  Isikan nama, target, ukuran SD-Card dst.  Setelah semuanya selesai, dialog tertutup dan akan muncul AVD tersebut. Pilih AVD ini. Lalu klik "Start" dan tunggu. Proses ini cukup lama!.
  11. Menyiapkan  plugin Android untuk Eclipse, yaitu ADT (untuk mendownload scroll kebawah sedikit dibagian "Download the current ADT Plugin zip file").  Nama filenya akan seperti "ADT_9.0.0.zip".  Jalankan Eclipse.  Pilih  Help –> Install New Software. Klik “Add” lalu "Archive". Pilih ADT_9.0.0.zip beri nama "Android Plugin" dan ikuti petunjuk selanjutnya.
  12. Masuk ke menu Window -> Preferences, pada menu Android isi  "SDK Location" dimana Android SDK terinstall. Misalkan C:\Program Files\Android\android-sdk-windows.  Lalu pilih Apply, OK.
  13. Masih dalam Eclipse, Coba test dengan mem buat app Android seferhana. Klik  File -> New -> Other (atau ctrln-N)  Pilih "Android Project"  dibagian Android.  Isi project name, pilih target, isi  application name, isi  package name (misalnya antu.ak.id), isi Activity dengan "Utama".  Lalu finish.
  14. Jalankan project tersebut dengan tombol play (ctrl-F11). Pilih Android Application. Tunggu AVD muncul dan loading  (untuk menghemat waktu, usahakan AVD tidak ditutup selama Eclipse masih terbuka).   Jika program Anda tidak muncul klik "menu" pada AVD.
  15. Finish.

1 komentar:

  1. I just became alert to your blog through Google, and found that it's truly informative. I’m going to watch out for brussels. I will be grateful if you continue this in future. Lots of people will be benefited from your writing. Cheers!
    Click Here : Video Downloader Free Download

    BalasHapus